Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Bawaslu Kuningan : Kawal Distribusi Logistik Sampai Tuntas

For mania mega:

 


Megaswara Kuningan,

Menjelang Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu Legislatif dan Pilpres, Bawaslu Kabupaten Kuningan secara teratur telah melakukan pengawasan terhadap logistik Pemilu 2024. Berbagai logistik yang dikirim ke Kuningan baik kertas suara dan sarana pendukung lainnya yang dikirm ke Gudang Cilowa telah diawasi oleh Bawaslu Kabupaten Kuningan.

Dalam press realese Bawaslu pada hari Kamis, 08 Februari 2024 yang bertempat di Resto Rageman Gunung Keling, Ketrua Bawaslu Kuningan, Firman yang di dampingi Agus Khobir (Kordiv Pengawasan, Pencegahan dan Humas)  Dadan Yuardan ( Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa) Rendy Septian ( Kordiv Penangan Pelanggaran dan Datin) Yayan Supriatna ( Kordiv SDM, Organisasi dan Pelatihan) serta Didi Suryadi Koordinator Sekertariat, menyampaikan bahwa Bawaslu telah melakukan pengawasan terhadap proses pengesetan dan pengepakan logistik yang dilakukan oleh KPU di Gudang Cilowa sejak 20 Januari 2024. Bawaslu memastikan selama proses pengesetan dan pengepakan KPU Kabupaten Kuningan telah memasukan dengan sesuai kebutuhan TPS, serta memastrikan keseuaian jenis surat suara, tujuan dan ketepatan waktu.

Dari hasil pengawasan Bawaslu diketahui dari proses sortir lipat yang dilakukukan KPU, terdapat 7.148 surat suara yang rusak. Bawaslu berdasarkan hasil pengawasan menyaran perbaikan kepada KPU Kabupaten Kuningan, dan ditindak lanjuti oleh KPU dengan mengajukan surat suara pengganti sesuai dengan surat suara yang rusak. Kemudian dalam proses pengepakan dan pendistribusian logistik ditemukan kekurangan suara kembali untuk jenis DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten untuk beberapa desa dengan total kekurangan sebanyak 3.655 surat suara, sambung ketua Bawaslu.

Ketua Bawaslu menjelaskan bahwa untuk menutup kekuranga surat suara KPU Kabupaten Kuningan di Dampingi Bawaslu dan Petugas Polres Kuningan mengambil kekurangannya sesuai kebutuhan ke  PT. Bawen Mediatama Semarang dan PT. Masmedia Buana Pustaka Solo. Adapun pengambilan kekurangan surat suara itu akan dilakukan pada jumat 09 Februari 2024.

Kemudian Ketua Bawaslu menambahkan bahwa sejak 31 Januari 2024 KPU Kabupaten Kuningan telah mendistribusikan logistik untuk jenis surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sedangkan untuk surat suara Calon Presiden dan Wakil Presiden di distribusikan pada tanggal 08 Februari 2024.

Dalam penutupnya Ketua Bawaslu Kuningan, Firman menyampaikan bahwa KPU telah melakukan pengelolaan dan pendistribusian logistik seusai aturan. Selain itu Bawaslu Kuningan terus mengawasi hingga tuntas pendistribusian logistik pemilu sampai ke tiap Kecamatan, Kelurahan / Desa dan TPS, dengan melibatkan seluruh elemen Panwaslu di 32 Kecamatan untuk mengawal Logistik Pemilu ke tujuan masing masing.

Pade Perwira


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close