Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Panwas Kecamatan Hantara : Pengawasan dan Kewaspadaan Menjaga Logistik Proaktif Berkoordinasi dengan Forkopimcam

For mania mega:


Kuningan, 28 Februari 2024

Menjelang Pemilihan Umum tanggal 14 Februari 2024 yang tinggal  17 hari lagi, Panwas Kecamatan Hantara menyampaikan rilis berkaitan dengan dengan Pengawasan Logistik Pemilu yang disampaikan oleh Bayu Rahmat Jatnika selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Hantara. Perihal logistik diatur dalam peraturan KPU nomor 14 tahun 2023 tentang perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainya dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainya Dalam Pemilihan Umum dan Peraturan KPU nomor 16 tahun 2023 tentang Peraturan dan Perubahan KPU nomor 14 tahun 2023.

Pengawasan logistik pemilu sangat penting untuk memastikan proses pemilu berjalan dengan lancar, adil dan tranparan. Maka perlu dirumuskan berbagai langkah pengawasan dan tindakan proaktif yang akan dilakukan untuk memastikan kepatuhan dan integritas dalam managemen logistik pemilu. Maka Panwaslu Kecamatan Hantara memastikan pengawasan logistik ini sesuai dengan peraturan dan regulasi yang berlaku dan melakukan pengawasan yang melekat berkaitan dengan distribusi dan pengelolaan logistik pemilu tingkat kecamatan samapat ke TPS untuk meminimalisasi kesalahan dan penyalahgunaan, demikan jelas Bayu.

Didampingi beberapa stafnya yakni Hary Robiansyah, Lailan Tamami, Deni siswanto (sekertariat), Dian Udaya staf PNS dan M Andrianto staf non PNS kembali Bayu menyampaikan Kebutuhan logistik di Kecamatan Hantara yang terdiri dari 8 Desa dan 46 TPS dan jumlah DPT sebanyak 11.341 ditambah surat casuara cadangan 20% maka kebutuhan surat suara menjadi 11.568 baik surat suara Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Prov dan DPRD Kabupaten. Selain perlengkapan surat suara, banyak logistik lainya seperti kotak suara, bilik pemungutan suara, tinta, alat coblos, formulir, sampul kertas segel, tanda pengenal dan lainya sejumlah 24 jenis kebutuhan logistik pemilu. 

Selain memastikan hal hal diatas, Panwas Kecamatan Hantara melakukak koordinasi dengan PPK dan Forkopimcam Hantara, berkaitan dengan tempat penyimpanan logistik yang akan menggunakan aula kantor Kecamatan Hantara. Unsur Keamanan, potensi rawan bencana dikarenakan curah hujan tinggi, serta memastikan lokasi TPS yang berpotensi rawan. 


Komitmen Panwas Kecamatan Hantara sebagai lembaga independen bertanggung jawab atas pengawasan proses pemilu di tingkat kecamatan, melakukan pengawasan intensif terhadap seluruh tahapan logistik pemilu dan melakukan pengawasan pengiriman dan pengelolaan logistik pemilu untuk mencegah adanya penyimpangan dan ketidakpatutan.

Terakhir Ketua Panwas Kecamatan Hantara menghimbau agar keterlibatan partisipasi masyarakat umum dan peserta pemilu untuk berperan aktifdalam memastikan integritas logistik pemilu. Sehingga  melalui sinergi dan koordinasi yang baikantara semua pihak terkait, diharapkan bahwa pengawasan logistik pemilu yang efektif akan dapat mnebawa Indonesia menuju pemilu yang adil jujur dan bermartabat.

Pade. Perwira

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close