Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

PJ Bupati dan Sekda Jalan Ke Curug Mangkok : Dahulukan Kepentingan Masyarakat Sekitar dan Lindungi Kelestarian Alamnya

For mania mega:

 

    poto dok kominfo kab kuningan

Kuningan 31 Januari 2024

Menyusuri jalan setapak sejauh dua kilometer dari Buper Palutungan PJ  Bupati Raden Iip dan Sekda Dian melihat langsung sumber mata air Curug Mangkok, yang terletak di Kawasan Konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai Kuningan, pada hari selasa 30 Januari 2023.

Kami ingin melihat langsung sumber mata air Curug Mangkok yang dimanfaatkan masyarakat dan kemudian ada beberapa yang berizin, kita ingin lihat kaapsitas debit air pada saat kemarau dan berapa debit pada saat curah hujan tinggi, karena itu pasti berpengaruh, ungkap Raden Iip yang di dampingi Dirut PDAM Ukas saat di Buper Palutungan sebelum menuju ke Curug Mangkok.

PJ Bupati memberi arahan, bahwa debit sumber mata air itu harus di cek secara teknis pada saat kering dan saat musim hujan, karena berdampak terhadap supply ke bawah. Ketika sudah ada penjelasan teknis akademis dan lanjut ke inventarisir ada berapa pipa, kemana saja dan punya siapa. Itu dicek apakah perlu izin atau tidak. aturan hukum yang mengatur, kalau sudah jelas mari kita duduk bersama, kita buka aturannya, seperti apa hak dan kewajibannya, ujarnya.

Kelestarian alam juga harus dijaga, hutan gundul haarus ditanami, pehon pohon jangan ditebang. Kalau ada kebakaran jangan hanya berkomn tar tapi mari kita turun, itu bentuk kita menjaga alam. kalau kita menjaga alam dengan dengan baik pasti alam bersahabat dengan kita, ajak Raden Iip

Beliau menjelaskan bahwa pegelolaan air ini, bahwa sejalan dengan aturan hukum PAM ada didalamnya berapa mendapatkan debit air. Sekarang inventarisir dulu agar dapat mengetahui kemapuan mengairi berapa ribu rumah, berapa desa dan kecamatan.

Sekda Dian menambahkan, Izin Usaha Pemenfaatan Air di Usaha Kecil Perumda Air Minum (PAM) Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan Sumber Air Curug Mangkok Di Taman Nasional Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat, berdasarkan keputusan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem No. SK.173/KSDAE/SET/KSA/3/5/2019.

Potensi pemanfaatan, potensi debit Curug Mangkok untuk memenuhi kebutuhan Kecamatan Cigugur dan Kramatmulya dan mendukung program pemerintah untuk meningkatkan cakupan 100% air bersih, ujarnya. Selain itu dapat memperluas dan mengembangkan jangkauan wilayah layanan, meningkatkan pendapatan asli daerah. Dan Pengaturan penataan pemanfaatna air untuk masyarakat akan diatur oleh Pihak Balai Taman Nasiional Gunung Ciremai dan Perumda Tirta Kamuning Kuningan.

Pade. Perwira


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close