Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pemkab Kuningan Salurkan Bantuan Langsung Kepada Rumah Warga Di Cipicung Yang Ambruk Kena Petir,

For mania mega:


Kuningan - Pemkab Kuningan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan bantuan kepada warga warga Susukan, Kecamatan Cipicung, yang mengalami musibah rumah ambruk saat terjadi hujan lebat dibarengi petir. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh  Sekda yang juga Kepala BPBD Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si saat melakukan kunjungan sebagai bentuk respon terhadap kebencanaan, Kamis (25/1/2024).

Berdasarkan informasi yang disampaikan Camat Cipicung Deni Hamdani, SE, KP, M.Si dari laporan kepala desa setempat, bahwa  kejadian  berawal saat hujan lebat  dibarengi petir  yang  terjadi di Dusun Puhun RT.02 RW.03, Desa Susukan, Kec.Cipicung, pada Rabu 17 Januari 2024, Pukul 12.00 WIB  yang mengakibatkan  rumah  wawan (55 tahun)   mengalami ambruk, selain itu kerusakan parabot  dan barang rumah rusak.

Menurutnya, upaya penanganan darurat telah dilakukan oleh Aparat Desa yang berkoordinasi dengan Aparat Kecamatan, TNI, POLRI, dan BPBD Kabupaten Kuningan. BPBD Kabupaten Kuningan telah menurunkan Tim Assessment dan Bantuan Logistik. Masyarakat setempat turut serta dalam kegiatan pembersihan material rumah yang ambruk.

Kepala BPBD menuturkan  bahwa kunjungan ini dilakukan sesuai amanat Pj. Bupati Kuningan untuk melakukan Fast Response terhadap kejadian kebencanaan sekaligus memberikan bantuan. Sementara ini diberikan 10 sak semen, selanjutnya bantuan menyusul berupa pasir, batu split, genting, dan bantuan stimulan program lainnya guna pembanguan rumah. Bantuan juga akan diberikan kepada titik bencana di wilayah lain.

Kepala BPBD  Dian, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu, S.STP, M.Si, menyampaikan terima kasih kepada pemerintahan desa, masyarakat,  tokoh masyarakat dan pihak lainnya atas empati dan simpati yang diberikan. Kebersamaan ini merupakan  bentuk kepedulian sosial bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Kepala BPBD  juga memberikan himbauan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  bahwa dari Bulan Desember 2023 hingga Februari 2024, perlu dilakukan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca, curah hujan, dan angin kencang. Untuk itu pentingnya kewaspadaan,  bagi  wilayah Kuningan Selatan dan Timur yang rawan terjadi bencana longsor. Dalam menjaga kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana, diharapkan camat, lurah, dan kepala desa dapat menyampaikan informasi ini kepada masyarakat.

“Mari bersama-sama berdoa agar Kuningan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah Swt dari segala bencana. Sebagai bentuk ikhtiar, mari kita jaga lingkungan dan alam ini untuk keberlanjutan,” harap Kepala BPBD Dian Rachmat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Cipicung, Toto, didampingi Wawan, menyampaikan terima kasih atas respons cepat dari Pemerintah Daerah yang telah melakukan kunjungan langsung dan memberikan bantuan. Berharap bantuan tersebut akan mempercepat proses pembangunan kembali rumah yang mengalami kerusakan.

(Pade)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close