Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Duet DPRD Jabar, STIEPARI Semarang, untuk Desa Wisata Cikaso

For mania mega:


KUNINGAN - Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Gerindra, Tina Wiryawati, Sabtu (24/10/2020) kemarin, kembali datangi Desa Cikaso, dalam rangka pengembangan Desa Cikaso sebagai Desa Wisata.

Dalam keterangannya, kegiatan yang ia lakukan kemarin merupakan kegiatan lanjutan dari kerjasama pada tanggal 26 Agustus.

"Dimana saya dari DPRD Provinsi menggandeng Kampus STIEPARI untuk terlaksananya Desa Wisata Cikaso secara menyeluruh, holistik, dan secara grand desain bersama-sama dengan Pemda, Pemdes, dan juga masyarakat setempat,” ujarnya.

Tina yang merupakan Dapil Jabar 13 (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran) juga menuturkan bahwa program yang akan diterapkan di Cikaso bersama STIEPARI Semarang ini akan menerapkan program Tri In One.

Dimana, kata Tina, program tersebut akan berfokus pada peningkatan sumber daya manusia dibidang pariwisata.

Program Tri In One, lanjut Tina, bagi warga lulusan SMA/SMK sederajat yang kurang mampu, bisa difasilitasi untuk kuliah di kampus STIEPARI sambil bekerja.

“Itulah salah satu langkah kongkrit dalam menggurangi penggauran, dan memberikan fasilitas bagi para lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan kuliah dan sambil bekerja." terangnya.

Sementara untuk konsep Desa Wisata itu, Tina menjelaskan sementara hanya untuk satu desa. Namun kedepannya, akan ada yang klaster wisata, dimana klaster ini dapat terdiri dari beberapa desa, yang keberadaannya dapat saling mendukung.

Misalnya, lanjut Tina Desa A memiliki potensi pemandangan, Desa B memiliki sawahnya Indah, Desa C memiliki kebun sayur, dan desa yang lain memiliki kekuatan UMKM.

"Sehingga dalam satu kecamatan itu ditunjang oleh desa-desa dari satu dan desa lain mempunyai kekuatan masing-masing yang kemudian menjadi satu klaster wisata,” pungkasnya.

(Dede)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close