Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Mengenal GenPI Kuningan, Sang Laskar Digital untuk Objek Wisata Kuningan

For mania mega:


KUNINGAN - Mungkin masih ada yang belum kenal dengan GenPI Kuningan. GenPI atau Generasi Pesona Indonesia merupakan komunitas yang bergerak dalam promosi/memperkenalkan objek-objek wisata di media sosial.

GenPI sebuah komunitas bentukan Kemenpar RI yang merupakan pengejawantahan dari program promosi wisata “go digital” yang gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai satu strategi pemasaran pariwisata di Indonesia.

GENPI Kuningan hadir sejak tahun 2017, dan dikukuhkan oleh Sekretaris Kementrian Pariwisata Indonesia Ukus Kuswara di Pendopo Kuningan. Diawal pembentukan GenPI Kuningan langsung bergerak pada pemanfaatan media sosial.

Sebagaimana yang disampaikan Ketua/Koordinator GenPI Kuningan, Rendi pada program Badami, Rabu (28/10/2020) kemarin.

Menurutnya GenPI Kuningan pada awalnya bergerak pada pemanfaatan media twitter (2017-2019), kemudian secara bertahap merambah ke semua media.

"GENPI Kuningan sendiri bergerak di media sosial utamanya di twitter dari 2017-2019, dan sekarang merambah ke semua media sosial twitter, instagram, facebook." ujarnya.

Selain aktif di media sosial GenPi Kuningan, ujar Rendi juga pernah menyelenggarakan pasar digital, dimana pasar tersebut menjajakan makanan khas Kuningan, 'Pasar Maya Asih' namanya, berlokasi di Hutan Kota, Kelurahan Cigugur.

Dimasa kepemimpinannya, Randi juga menuturkan di GenPI Kuningan ada program pendampingan 25 Desa Wisata, dimana selain berfokus pada hal digitalisasi, pendampingan tersebut pun akan mengarah pada edukasi 'Sapta Pesona'.


Bagi siapa pun lanjut Rendi yang punya semangat sama, dalam memperkenalkan objek-objek wisata di Kabupaten Kuningan dan senang bermain media sosial bisa turut men-tag akun media sosial GenPI Kuningan.

"Untuk Instagram dan Facebook tinggal tag saja di genpikuningan, sedangkan twitter di Genpi_Kuningan. Untuk yang terbiasa main di Fecebook, kami juga ada group 'Wisata Kuningan' silakan bisa ikut bergabung disana" ujarnya.

Pada dasarnya GenPI sendiri merupakan komunitas relawan sukarela 'no profit'. Semuanya berdasar atas kepedulian untuk terus menjaga dan memperkenalkan potensi wisata ke penjuru dunia.

Walau begitu, Pemerintah Daerah pun tidak bisa lepas tangan begitu saja. Harus turut andil, minimalnya memberikan perhatian khusus. Seperti yang disampaikan SamJeef, Pembina GenPI Kuningan.

Menurutnya, sebagai komunitas/relawan yang fokus kegiatannya di media sosial, sudah sepatutnya Pemda dapat memberikan fasilitas internet gratis untuk GenPI Kuningan, minimalnya 1 titik free wifi.

"Kami pada dasarnya relawan, kita tidak dibayar, kita tidak ada yang membayar, lilahita'alla. Cuma kita meminta kepada Pemda, Pemda ini menyediakan 9 titik free wifi, kita minta dong satu, khusus untuk GenPI" ujar SamJeef.

Dimana, GenPI ini lanjutnya pada dasarnya membantu tugas Pemda, dan alangkah bijaknya jika pemda juga turut mendukung apa yang GenPI perjuangkan dan butuhkan.

"Kami bantu Pemda, dan Pemda dukung dong apa yang kami perjuangkan, minimalnya untuk Wifi" pungkas SamJeef sambil sedikit berkelakar.

(Dede)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close