Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Dibuka Kembali, Pengunjung Wisata Cibulan Dibatasi 500 Orang Per-Hari

For mania mega:


Megaswara Kuningan - Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), berbagai objek wisata di Kabupaten Kuningan kembali beroprasi sejak Minggu (21/06/2020). Berbagai objek wisata tidak terkecuali Objek Wisata Cibulan.

Obyek Wisata Cibulan yang berada di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana ini siap menyambut AKB dengan berbagai penyesuaian dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Direktur Pengelola Objek Wisata Cibulan, H. Didi Sutardi, Selasa (23/06/2020) mengatakan bahwa pihak pengelola telah menyiapkan berbagai prosedur sesuai surat edaran Pemkab Kuningan mengenai protokol kesehatan di tempat wisata. Salah satunya dengan membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50%.

"Jika dihari bisanya Objek Wisata Cibulan ini selalu dikunjungi oleh wisatawan kurang lebih 1.000 pengunjung disetiap harinya, maka selama AKB Cibulan hanya menerima 500 pengunjung per-hari" ujarnya.

Pendataan sendiri, lanjut Didi akan dilakukan di tempat pembelian tiket sekaligus dengan pengecekan suhu badan pengunjung.

Selain pembatasan jumlah pengunjung, objek wisata yang dikenal karena kemasyhuran ikan dewanya ini juga telah menyiapkan sarana prasarana penunjang pencegahan penyebaran Covid-19 di area wisata. Seperti penyedian tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, ketentuan untuk pengunjung wajib mengenakan masker, dan juga papan informasi terkait imbauan pencegahan penularan Covid-19.

"Selain itu ada imbauan lain yang disampaikan melalui pengeras suara, jika didapati ada pengunjung yang tidak mengikuti protokol kesehatan. Intinya protokol kesehatan ini dari kita dan akhirnya untuk kita kembali" ungkapnya.

Ia menambahkan untuk tempat cuci tangan sendiri pengelola telah menyebarnya di 20 titik strategis, yang memang sering dilalui para wisatawan.


Seperti tempat wisata lainnya, Objek Wisata Cibulan telah tutup selama 3 bulan, mengikuti anjuran dari Pemkab Kuningan. Selama penutupan tersebut pengelola objek wisata Cibulan fokus melakukan revitalisasi, dengan tetap menjaga kebersihan, melakukan pengecetan, perbaikan, serta melakukan pengurasan air secara berkala.

Mengenai jam oprasional di awal pelaksanaan AKB ini, Direktur Pengelola Objek Wisata Cibulan menyebutkan ada sedikit perubahan. Dimana jika di hari biasanya Cibulan buka pada pukul 07.00 WIB, kini selama AKB Cibulan buka pada pukul 08.00 WIB. Sedangkan untuk tutup tetap pukul 18.00 WIB.

Walau demikian objek wisata yang jadi ikon Kabupaten Kuningan ini tidak mengubah ketentuan terkait harga tiket masuk pengunjung.

"Tiket masih sama seperti hari biasanya tidak ada perubahan, untuk weekday anak-anak 15.000, dewasa 17.000. untuk weekend sendiri anak-anak 18.000, dewasa 20.000" pungkasnya.

(Reporter Dede)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close